Cara Merawat Laptop Agar Awet, Tidak Lemot dan Tahan Lama


6 Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Tahan Lama - Kali ini saya akan berbagi mengenai cara merawat dan menjaga laptop atau komputer kamu agar awet dan juga tidak mudah rusak. Pengalaman saya saat memiliki dan menggunakan komputer/laptop untuk pertama kalinya yaitu pada saat umur sekitar 13 tahun, pada saat itu saya kurang memahami bagaimana cara merawat komputer dengan baik. Waktu itu saya belum mengenal yang namanya virus, standar pemakaian komputer yang benar, dan lain-lain.


Banyak aplikasi yang saya instal di komputer saya bahkan aplikasi beratpun saya instal, satu kata yang terdapat dalam hati yaitu “ yang penting bisa jalan ”. Saat itu saya hanya menggunakan untuk game, musik, sedikit untuk browsing mengenai pelajaran.

6 Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Tahan Lama

Jika saat komputer saya mengalami crash, error dan windows tidak mau respon saya biasanya waktu itu komputer langsung saya matikan paksa lalu saya hidupkan kembali setelah itu saat pertama kali melakukan tidakan tersebut tidak berpengaruh apa-apa akan tetapi setelah empat sampai lima kali barulah saya kena batunya, laptop saya tiba tiba mati total.

Sangat disayangkan jika kita tidak mengetahui cara menjaga dan merawat laptop atau komputer kita, untuk itu saya kali ini akan berbagi ilmu ( menurut pengalaman saya ) agar laptop atau komputer anda bisa awet dan tidak mudah rusak. Berikut beberapa cara menjaga dan merawat laptop atau komputer dengan benar.

Ketahuilah Spesifikasi Laptop Atau Komputer Anda
Dalam mengetahui spesifikasi komputer yang kita punya, kita dapat mengetahui peforma kinerja pada komputer kita.  Jangan sampai anda melakukan sebuah aktivitas komputer yang melebihi batas peforma yang ada pada komputer kalian, jangan sampai memaksakan dengan anda banyak mengistal aplikasi, vidio, dan file-file lainya yang dapat menurunkan peforma komputer. Hapuslah aplikasi yang tidak berguna agar tidak memenuhi memori pada harddisk maupun RAM.

Jika anda memiliki kebutuhan yang banyak dalam melakukan aktivitas komputer alangkah baiknya anda membeli laptop atau komputer yang memiliki spesifikasi tinggi seperti dengan menggunakan intel core i7 8700K, VGA nvidia geforce gtx 1080, ram 32 gb itu mungkin cukup untuk menjalankan banyak progam aplikasi.

Melakukan Defrag Harddisk
Melakukan Defragment Drive berguna untuk penataan ulang kembali file-file yang berdasarkan pada jenis file agar kembali seperti semula dan mempercepat proses kegiatan read/write pada harddisk dengan kata lain dapat meringankan beban harddisk. Untuk melakukanya anda cukup klik kanan pada disk yang akan anda defrag kemudian pilih “ properti ” lalu pilih “ tool “ lalu pilih “ optimize and defragment drive ”.

Menjaga Heatsink Fan ( Kipas Pendingin ) Dari Debu
Menjaga heatsink fan dari debu dapat memperpanjang umur laptop atau kompuer anda, dengan tidak menggunakan laptop di atas bantal, kasur atau benda yang mengandung banyak debu lainnya sebab jika heatsink fan terdapat banyak debu yang menyumbat maka proses pendinginan pada CPU dan komponen hardware lainnya.

Seleruh komponen hardware tidak akan berjalan dengan lancar karena suhu yang panas dan akibatnya laptop atau komputer anda akan mengalami penurunan peforma dan laptop atau komputer anda akan mudah cepat panas, maka dari itu anda perlu membersihkan heatsink fan minimal 2 bulan sekali dari debu, usahakan komputer anda tetap bersih dan sejuk ( tidak terlalu panas ).

Melakukan Pembersihan File Sampah 
Anda dapat membersihkan file-file yang tidak berguna dengan menggunkan software pihak ke 3 yaitu dengan menggunkan Ccleaner yang sudah saya buktikan dapat menghapus file-file sampah baik dari sistem operasi sendiri maupun sampah dari aplikasi yang sering anda gunakan terutama aplikasi browser.

Aktifkan Antivirus Pada Komputer Anda
Untuk berjaga jaga agar anda tidak terkena virus yang dapat membuat penurunan kinerja komputer dan bisa merusak komputer, anda dapat mengaktifkan software antivirus bawaan dari windows yaitu windows defender. Jika dirasa kurang anda boleh menambahkan software antivirus pihak ke 3 dan untuk software antivirus yang akan saya rekomendasikan yaitu menggunakan kaspersky.

Matikan Komputer Dengan Baik
Jangan sekali-kali anda mematikan paksa komputer seperti saya dulu, meskipun dianggap remeh tapi itu akan berakibat fatal pada komputer anda. Matikanlah komputer sesuai dengan prosedur yaitu dengan menutup semua program aplikasi yang anda gunakan sebelumnya kemudian barulah kita klik Shut down, tunggulah hingga seluruh mesin mati, lalu baru anda tutup laptop anda ( jika Laptop ).


Tambahan lagi untuk melakukan perawatan pada laptop anda yaitu jangan menyalakan laptop anda dengan hanya menggunakan charge baterai tanpa baterai karena terdapat arus listrik yang tidak stabil, jika anda melakukan hal tersebut komponen hardware secara tidak langsung akan membuat kerusakan pada laptop anda. Sekian dari artikel Cara Merawat Laptop Agar Awet dan Tahan Lama , kurang lebihnya saya mohon maaf dan semoga dapat bermanfaat.

Comments

Baca juga artikel menarik lainnya