Pengertian Repeater, Fungsi Repeater dan Jenis - Jenis Repeater

Pengertian Repeater, Fungsi Repeater, Cara Kerja Repeater dan Jenis - Jenis Repeater Materi Lengkap - Pengertian Repeater adalah alat yang digunakan untuk menguatkan signal. Dengan menggunakan alat ini, signal yang lemah atau belum tercover oleh sinyal dari server dapat ditingkatkan daya jangkauannya sehingga dapat digunakan untuk mencakup wilayah yang lebih luas.


source : blibli.com

Fungsi Repeater 
  1. Memperluas daya jangkauan signal server
  2. Memudahkan akses signal  WIFI
  3. Meneruskan dan memaksimalkan signal
  4. Meminimalisir penggunaan kabel jaringan
  5. Memudahkan proses pengiriman dan penerimaan data
Jenis Jenis Repeater
Telephone Repeater
Jenis repeater yang difungsikan pada saluran telepon dengan sinyal yang akan terdegradasi sebab jarak tempuh yang jauh sehingga sinyal yang diterima para pengguna telepon dapat lebih jelas.

Optical Communications Repeater
Jenis repeater yang berfungsi memperkuat jangkauan sinyal didalam kabel serat optik  ( fiber optik cable ). Pada jenis ini, dalam serat kabel optik terdapat informasi digital secara fisik berwujud sebagai light pulses ( pulsa cahaya )yang terbentuk  dari foton yang dapat tersebar secara acak dalam kabel serat optik.

Radio repeater
Jenis ini berfungsi untuk memperkuat sinyal radio. Umunya, jenis repeater ini memiliki satu antena yang berfungsi sebagai receiver dan transmitter. Repeater dengan tipe ini akan mengubah frekuensi sinyal yang dapat menerima sebelum dipancarkan kembali. Sinyal yang dipancarkan repeater ini  akan mampu menembus objek penghalang.

Cara Kerja Repeater
Cara kerja Repeater yaitu sinyal yang telah masuk ke repeater yang diperkuat terlebih dahulu dengan kedua komponen dasarnya yang bertugas untuk menerima data sinyal dari transmitter dan keduanya memancarkan kembali data sinyal tersebut.

Setelah menerima sinyal dari transmitter, repeater akan melakukan pengubahan frekuensi sehingga  sinyal data yang dipancarkan dapat menjadi kuat. Oleh karena itu sinyalpun akan menjadi lebih kuat dan memiliki jangkauan yang lebih luas dari pada jangkauan sebelum menggunakan repeater.

Proses demikian, repeater memiliki dua sistem yang kerap digunakan. Sistem repeater dalam jaringan disebut dengan analog repeater dan digital repeater. Arti dari analog repeater merupakan sistem repeater yang mengirimkan sinyal data dalam bentuk dadta analog.

Analog repeater mengkonsumsi daya listrik sesuai dengan amplitudo atau besaran sinyal yang dikirimkan. Sedangkan untuk digital repeater mengirimkan sinyal data dalam bentuk digital. Data demikian dikirim dalam bentuk binary dengan diwakili angka 0 dan 1 dan juga terdapat proses tambahan.


Sekian dari artikel Pengertian Repeater, Fungsi Repeater, Cara Kerja Repeater dan Jenis - Jenis Repeater Materi Lengkap. Materi ini bersumber dari hasil pembelajaran formal maupun hasil rangkuman dari beberapa situs web di internet. Kurang lebihnya saya mohon maaf, terima kasih.

Comments

Baca juga artikel menarik lainnya