Cara Instalasi dan Konfigurasi SSH Server Debian 8

Cara Install dan Konfigurasi SSH Server Debian 8 - Kali ini saya akan membahas tentang SSH di Debian, salah satu kegunaan dari Instalasi dan Konfigurasi SSH adalah untuk meremote debian yang ada di Virtual Mesin. SSH juga dapat digunakan sebagai metode pengamanan enkripsi saat melakukan transfer file contohnya penerapan sftp. Kali ini saya akan menggunakan Virtual box sebagai Virtual Mesin.

Ada yang harus di perlukan sebelum melakukan langkah ini yaitu kamu harus memiliki beberapa software yang harus ada yaitu ada virtual box, putty, dan pada debian kamu harus menginstal SSH server. Langkah pertama buka debian CLI.


Cara Konfigurasi SSH Server Debian 8

Konfigurasi IP address pada Debian dan Windows

Sebelum melakukan konfigurasi lebih dalam kira masuk dulu ke mode root menggunakan perintah “su”. Kemudian install ssh server dengan mengetikan code tasksel, lalu centang ssh server atau dengan mengisntall secara manual dengan mengetikan perintah " apt-get install ssh-server ". Kemudian kita buat alamat static untuk debian, saya beri alamat 192.168.2.2, dan pastikan itu menggunakan jaringan adapter hanya host. Ketikan nano /etc/network/interfaces kemudian lakukan konfigurasi ip address.

auto eth1
iface eth1 inet static
address 192.168.2.2
netmask 255.255.255.0
network 192.168.2.0

Selelah itu save, dan setelah itu kita restart jaringan dengan memasukan perintah " service networking restart ". Setelah itu membuat alamat ip address di windows, saya berikan alamat 192.168.2.3 kita sesuaikan alamat network yang kita buat sebelumnya yaitu 192.168.2.0. Subnet mask 255.255.255.0 dan default gateway 192.168.2.2 (sama seperti pada ip debian).

Konfigurasi SSH dan PuTTi

Setalah debian dan windows telah diberikan ip address, setelah itu lakukan pengecekan jaringan dengan cara menge-ping kedua ip tersebut. Baik dari windows maupun debian. Setelah berhasil melakukan pengecekan kedua ip. Lalu install PuTTi dan buka aplikasi tersebut, PuTTi merupakan salah satu sortware untuk remote access.

Baca Juga : Konfigurasi Mail Server Di Debian

Setelah berhasil membuka putti kemudian masukan ip address yang dibuat pada debian cli yang ada di viltual machine. Yaitu 192.168.2.2 dengan menggunakan port default yaitu 22 dan connnection type yaitu menggunakan SSH, jika anda belum mengistall ssh pada debian masukan perintah " apt-get install openssh-server " Kemudian klik Open.
Langkah terakhir kita klik open dan sekarang dapat merimote debian yang ada di Virtual Mesin. Dan kita coba untuk memasukan perintah reboot maka , debian yang ada di Virtual Mesin melakukan proses reboot. anda juga dapat memasukan perintah lainnya.
 Dalam melakukan remote access diperlukan konfigurasi yang tepat dalam SSH server untuk dapat melakukan remote. Pengaturan ip address haruslah dituliskan dengan tepat tanpa kurang suatu apapun agar lancar dalam melakukan Instalasi dan Konfigurasi Remote Access dengan SSH Di Debian. Itu merupakan sedikit informasi mengenai konfigurasi remote access dengan ssh, semoga berhasil dan dapat bermanfaat.

Comments

Baca juga artikel menarik lainnya