Cara Instalasi dan Konfigurasi Mail Server di Debian 8 (Squirrelmail)

Cara Install dan Konfigurasi Mail Server di Debian 8 - Kali ini saya akan berbagi mengenai Mail Server, Mail Server yaitu software yang digunakan untuk mengirimkan file yang diminta  oleh client lewat via email. Mail server juga menyediakan layanan seperti halnya FTP (File Transfer Protokol).

Protokol yang di gunakan pada Mail Server yaitu, protokol SMTP (Simple Mail Transfer Protocol berada di port 25) , POP3 (Post Office Protocol v3 berada di port 110)  dan IMAP (Internet Mail Application Protocol berada di port 143), untuk bisa menjalankan mail server ada 2 konfigurasi yaitu Postfix, Squirrelmail, Apache2.

Cara Konfigurasi Mail Server di Debian 8

Konfigurasi IP Address pada Debian dan Windows

Dan kali ini saya akan mempraktekkannya di mesin virtual saya dengan menggunakan debian cli(berbasis text). Langkah Pertama buka debian CLI lalu kita buat alamat static untuk debian, saya beri alamat 192.168.2.2, dan pastikan itu menggunakan jaringan adapter hanya host.

auto eth1
iface eth1 inet static
address 192.168.2.2
netmask 255.255.255.0
network 192.168.2.0

Selelah itu save, dan setelah itu kita restart jaringan dengan memasukan perintah " service networiking restart ".Langkah berikutnya kita buat alamat ip address di windows pada Internet protocol  verision 4 kali ini kita berikan alamat 192.168.2.3, Subnet mask menggunakan /24, default gateway isikan ip seperti pada ip di debian dan anda boleh merubah alamat ip sesuai kondisi yang anda butuhkan.


Setalah debian dan windows telah diberikan ip address, jangan lupa untuk ubah jaringan ke Host-Only ( karena pada praktek kali ini saya menggunakan virtual machine / hanya dalam 1 pc) dan juga pastikan antara IP debian dan windows bisa saling ping. Anda juga bisa menggunakan ip dhcp jika anda mendapatkan banyak client komputer dan secara otomatis ip dapat diberikan kemasing masing client.

Instalasi dan Konfigurasi Postfix

Setelah bisa saling ping antara windows dan debian lalu Instal postfix dengan cara masukan perintah " apt-get install postfix ", pada debian saya prosfix teretak di DVD 1, klik ok lalu Pilih Situs Internet, isikan nama mail sistem dengan aldipradana.com (menyesuaikan), jika terdapat pertanyaan penerima surel root dan postmaster kosongkan saja, kemudian pada tujuan untuk meneriama surel isikan " aldipradana.com, localhost, localhost.localdomain, localhost ". Lalu OK.

kemudian akan ada pertanyaan paksa singkronisasi pembaruan pada antrean serel? pilihlah <Tidak> setelah itu pada jaringan lokal isikan " 127.0.0.0/8 192.168.2.2/30 0.0.0.0/0 ",  pada bagian 192.168.2.2/30 itu merupakan IP yang telah kita dibuat sebelumnya. Kemudian akan muncul pertanyaan Gunakan promail untuk pengiriman local? pilihlah <Tidak>.

Baca Juga : Konfigurasi Vpn Server

Kosongkan form pada pernyataan Batasan ukuran mailbox (bytes): , kemudian akan muncul pertanyaan lagi tentang Karakter ekstensi alamat lokal isikan " + " lalu pilih ok. Pada protokol internet yang digunakan Pilih ipv4. Tunggu hingga selesai.

Setelah itu ketikan perintah " nano /etc/postfix/main.cf ". Kemudian akan muncul file konfigruasi dari postfix. Lalu kamu cukup scroll bawah, dan isikan pada bagian bawah konfigurasi dengan " home_mailbox = Maildir/ ". lalu save dengan cara menekan tombol kombinasi antara ctrl + x lalu tekan y untuk konfirmasi.

Langkah terakhir dalam melakukan konfigurasi di postfix adalah dengan membuat direktori untuk Maildir. Dengan cara ketikan perintah " maildirmake /etc/skel/Maildir ". Jika perintah maildirmake tidak bisa diterapkan di linux kamu, kamu cukup ganti dengan perintah mkdirmake.

Instalasi dan Konfigurasi Squirrelmail

Kali ini kita mulai menginstal dengan perintah " apt-get install squirrelmail ". Pada debian versi saya squirrelmail terletak pada DVD 2, yang sebelumnya telah saya masukan ke debian saya, jika sudah kita lanjutkan menginstal dan Konfigurasi couirer-pop dan couirer-imap.

Instal dengan perintah " apt-get install courier-pop courier-imap "(Perhatikan dvd yang terpasang) kemudian akan muncul pertanyaan create directories for web-based administration? Pilihlah <Tidak>. Tunggu hingga selesai. Setelah selesai, pindah ke direktori /etc/apache2/sites-available/ lalu copy 000-default.conf ke mail.conf dengan memasukan perintah " cp  000-default.conf mail.conf ". Kemudian tambahkan seperti konfigurasi bawah ini.

ServerAdmin webmaster@localhost
DocumentRoot /usr/share/squirrelmail
ServerName mail.aldipradana.com 

Buka apache2.conf lalu tambahkan konfigurasi dengan perintah (include "/etc/squirrelmail/apache.conf ") di konfig bawah sendiri. Kemudian masukan perintah " a2ensite " lalu enter, ketik lagi " a2ensite mail.conf  "lalu restart apache2 nya dengan perintah " service apache2 restart ". Lalu akan muncul pemberitahuan Site mail alredy enable. Selanjutnya tambahakan user baru.

Cara Konfigurasi Mail Server di Debian 8
Setelah membuat username baru kita coba buka pada browser kita lalu ketikan " mail.aldipradana.com/src/login.php " dan gambar dibawah ini merupakan hasil instalasi dan konfigurasi di atas.


Dalam menginstalasi dan mengkonfigurasi Mail Server kita harus mengkonfigurasi dengan akurat dan tepat. Dari kegiatan tersebut kita dapat mengetahui cara menginstal, mengkonfigurasi, serta mengujinya pada web browser. Sekian dari Tutorial Instalasi Dan Konfigurasi Mail Server di Debian CLI semoga dapat bermanfaat.

Comments

Baca juga artikel menarik lainnya