Pengertian dan Fungsi Router Perangkat Keras Jaringan



Pembahasan Lengkap Fungsi Router dan Pengertian Router  – Topik kali ini mengenai fungsi router dan pengertian router. Router merupakan salah satu perangkat keras jaringan terpenting untuk membuat sebuah jaringan komputer khususnya jaringan Wide Area Network. Admin akan membahas pengertian dan fungsi router secara sederhana.


Pengertian Router 

Router adalah perangkat keras jaringan yang digunakan untuk menghubungkan dua atau lebih jaringan yang berbeda. Contohnya seperti ini, pada sebuah jaringan di Sekolah Negeri Budi Santoso Laju Jaya terdapat dua buah lab yang masing masing menggunakan jaringan Local Area Network.

Kemudian sekolah tersebut menghendaki untuk memberikan akses internet ke dua Lab tersebut. Dimana pada lab pertama dengan menggunakan network id 192.168.2.0 diberikan bandwidth sebesar 100 Mbps. Lab kedua dengan menggunakan network id 192.168.3.0 diberikan bandwidth sebesar 200 Mbps.

Disanalah peran router bekerja, selain menjadi penghubung antara dua jaringan yang berbeda. Perangkat jaringan Router juga dapat melakukan menejemen pembagian bandwidth internet untuk kedua lab tersebut.

Router dapat menganalisis data yang dikirim melalui jaringan, mengubah cara pengemasannya, dan mengirimkannya ke jaringan lain. Misalnya, router biasanya digunakan di jaringan rumah untuk berbagi koneksi Internet tunggal antara banyak komputer.

Berbeda dengan HUB, hub juga digunakan untuk mentransfer data antara komputer atau perangkat jaringan, tapi tidak melakukan analisis dengan data yang ditransfer. Hub hanya mampu melakukan fungsi jaringan dasar.


Lebih Lengkap Mengenai Router

Berikut saya kutip dari wikipedia mengenai router, agar kalian dapat lebih paham mengenai perangkat jaringan satu ini. Sebuah router adalah perangkat jaringan yang meneruskan paket data antara jaringan komputer. Router menjalankan fungsi pengarah lalu lintas di Internet.

Data yang dikirim melalui internet, seperti halaman web atau email adalah dalam bentuk paket data. Paket biasanya diteruskan dari satu router ke router lain melalui jaringan yang merupakan internetwork hingga mencapai node tujuannya.

Router terhubung ke dua atau lebih jalur data dari jaringan yang berbeda. Ketika sebuah paket data masuk pada salah satu baris, router membaca informasi alamat jaringan dalam paket untuk menentukan tujuan akhir.

Kemudian, dengan menggunakan informasi dalam tabel perutean atau kebijakan perutean, ia mengarahkan paket ke jaringan berikutnya dalam perjalanannya. Nah itu merupakan sedikit penjelasan dari wikipedia.

Pembahasan Lengkap Fungsi Router dan Pengertian Router

Jenis Router

Routing memiliki dua jenis yaitu router static dan router dynamic. Jika routing static memerlukan seorang administrator untuk melakukan pengaturan dan mengkonfigurasi tabel routing untuk menentukan setiap rute secara manual.

Beda dengan routing dynamic yang dapat menemukan rute dan membuat tabel routing secara otomatis. Pada routing dynamic dapat melakukan pemeriksaan informasi dari router lain serta membuat keputusan pada setiap paket saat mengirimkan data ke network tujuan.

Perangkat keras Router ini yang dirancang untuk menerima, melakukan analisis serta dapat mengonversi paket ke interface jaringan lain. Router juga merupakan perangkat jaringan yang penting untuk keamanan jaringan.

Pada perangkat keras router juga berperan sebagai garis kemanan pertama pada sebuah jaringan yang berada di bawahnya. Karena apa? Dengan mengaktifkan keamanan tingkat tinggi pada router dapat menjaga sistem komputer dan informasi aman dari serangan dan ancaman terhadap jaringan.

Router sering dijadikan sebagai DHCP pada jaringan kecil. Saya ulas sedikit mengenai dhcp. DHCP merupakan metode pengalamatan ip address secara otomatis kepada perangkat jaringan yang terhubung (komputer client) dengan range ip yang telah di tentukan.

Lihat juga : Pengertian Repeater, Fungsi Repeater dan Jenis - Jenis Repeater

Fungsi Router 

Dari informasi di atas dapat disimpulkan bahwa fungsi router adalah :
  • Sebagai penghubung antara dua jaringan yang berbeda;
  • Merutekan data antar jaringan;
  • Bertindak sebagai default gateway;
  • Membagi atau mendistribusikan IP Address baik secara static/dhcp;
  • Sebagai sarana penghubung dengan internet.
  • Bagian - Bagian Standart Router
  • Pada perangkat keras router terdapat beberapa fungsi port dan yang lain yaitu, port serial, port auxiliary, port console, panel switch, power conector, dan LED Indikator. Port serial berfungsi untuk menghubungkan antara satu router dengan router yang lain.

Port Auxiliary digunakan untuk menghubungkan router dengan modem dial up. Port Fast Ethernet digunakan untuk menghubungkan antara router dengan switch hub pada jaringan lokal.

Port Console digunakan untuk menghubungkan antara komputer(laptop) dan router secara langsung dengan menggunakan kabel utp. Power Connector digunakan sebagai jalur untuk memberikan tegangan listrik pada router.

Perkembangan Terbaru Router

Seiring berjalannya waktu perangkat keras jaringan router terus mengalami perkembangan. Pada zaman modern sekarang Router tidak hanya dijadikan sebagai media penghubung antara 2 jaringan yang berbeda saja.

Router modern sekarang ini juga dapat dijadikan sebagai wireless router. Dengan menggunakan wireless router kita dapat sekaligus membuat fungsi router ini menjadi wireless access point atau Wifi.

Eitss, bukan berarti wireless router sama dengan wireless access point lho. Letak perbedaanya adalah pada fitur wireless router yang lebih lengkap ketimbang wireless access point yaitu diantaranya dapat melakukan fungsi routing dan fungsi network address translation.


Contoh router terbaik menurut inponow adalah Asus RT-AC5300 Wireless Tri-Band Gigabit Router 802.11ac yang dilengkapi dengan teknologi Broadcom NitroQAMTM meningkatkan dua tarif 5 GHz data hingga 4334 Mbps dan 2,4 GHz sampai dengan 1000 Mbps. Router ini dijual dengan harga Rp 5.150.000 di tokopedia.

Tidak hanya router saja yang perlu anda ketahui, masih banyak perangkat jaringan seperti server, switch, hub, repeater, bridge, kabel utp/stp/fiber atau perangkat jaringan yang lain. Maka dari itu semangat belajar teman.

Referensi untuk artikel saya kali ini dari liveware, computerhope, inetdaemon, learncisco, sqa, afing, dan pintarkomputer. Sekian dari artikel Pengertian Router Dan Fungsi Router Perangkat Keras Jaringan. Kurang lebihnya saya mohon maaf dan semoga dapat bermanfaat , terima kasih.

Comments

Baca juga artikel menarik lainnya