Menggunakan Fungsi Explode Pada PHP untuk Mengubah String Menjadi Array dan Fungsi Implode untuk Mengubah Array Menjadi String


Cara Menggunakan Fungsi Expload dan Fungsi Implode Pada PHP. Fungsi explode pada php digunakan untuk melakukan pemecahan suatu nilai string menjadi sebuah array. Fungsi explode biasanya saya gunakan jika ada salah satu kata dalam string yang tersimpan di database terdapat kondisi spesial. Untuk lebih jelasnya saya akan menjelaskan dengan menyelesaikan sebuah contoh kasus.


Contohnya dalam suatu string terdapat value (air,api,udara,tanah,listrik,nuklir). Kemudian dalam suatu kondisi mengharuskan, jika terdapat kata tanah dalam value tersebut maka akan hilangkan. Oleh karena itu digunakan-lah fungsi expload untuk mengubah string tersebut menjadi array. Berikut ini merupakan contoh dalam penggunaan fungsi explode.

$databefore = 'air,api,udara,tanah,listrik,nuklir';
$data = explode(',', $databefore);
echo "<pre>";
print_r($data);

Saya akan jelaskan sedikit mengenai script diatas. explode(‘,’) artinya value yang ada di variabel databefore akan dipecah menjadi array berdasarkan koma. Bukan hanya koma saja yang bisa melakukan pemecahan array, bisa juga menggunakan spasi atau simbol lainya.

Kemudian string yang telah di ubah menjadi array tersebut akan melakukan aksi penghapusan index dengan value yaitu tanah. Untuk dapat melakukan penghapusan di index tertentu saya menggunakan tiga fungsi yaitu fungsi array_search, fungsi unset dan fungsi array_values pada php.

Menggunakan Fungsi Expload Pada PHP untuk mengubah string menjadi array dan Menggunakan Implode Pada PHP untuk mengubah array menjadi string

Fungsi array_search yang digunakan untuk melakukan pencarian index array dengan value yaitu tanah pada array sebelumnya. Fungsi yang kedua adalah fungsi unset digunakan untuk menghapus index / elemen array yang akan di hapus.

Ketiga adalah fungsi array_values yang saya gunakan untuk mengatur index agar urut kembali. Berikut ini merupakan contohnya, dan saya masih menggunakan array yang kita explode dari variabel databefore.

$databefore = 'air,api,udara,tanah,listrik,nuklir';
$data = explode(',', $databefore);
 
$remove = ['tanah'];
foreach ($remove as $r) {
  $index = array_search($r, $data);
  unset($data[$index]);
}
 
$dataafter = array_values($data);
 
echo "<pre>";
print_r($dataafter);

Anda dapat mencoba script diatas di writephponline.com. Kemudian bagaimana sekarang cara anda untuk mengembalikan nilai tersebut ke bentuk string kembali? Ok saya akan beri tahu, untuk melakukan konversi dari array ke string kita dapat menggunakan fungsi implode.

Ya fungsi implode, fungsi implode merupakan fungsi kebalikannya dari explode dan cara penggunaannya pun hampir sama dengan explode. Berikut saya akan berikan contoh penggunaan implode.

$databefore = 'air,api,udara,tanah,listrik,nuklir';
$data = explode(',', $databefore); // explode data
 
$remove = ['tanah'];
foreach ($remove as $r) {
  $index = array_search($r, $data); //cari data
  unset($data[$index]); // remove data
}
 
$dataafter = array_values($data); //urutkan array
 
$dataimplode = implode(',', $dataafter); //implode data
 
echo "<pre>";
print_r($dataimplode);

 


Ok sekian dari artikel Menggunakan Fungsi Expload Pada PHP untuk mengubah string menjadi array dan Menggunakan Implode Pada PHP untuk mengubah array menjadi string. Jangan lupa untuk mencoba hasil script diatas di , karena dengan mencoba sendiri akan lebih paham mengenai ilmu ini. Sekian dari saya kurang lebihnya saya mohon maaf dan semoga dapat bermanfaat.

Comments

Baca juga artikel menarik lainnya