Kemungkinan Ancaman Dan Serangan Terhadap Keamanan Jaringan

Kemungkinan Ancaman Dan Serangan Terhadap Keamanan Jaringan
Kemungkinan Ancaman Dan Serangan Terhadap Keamanan Jaringan - Pada kesempatan kali ini saya akan membahas mengenai kemungkinan ancaman dan serangan terhadap keamanan jaringan. Pembahasan kali ini saya tulis dengan tujuan berbagi ilmu kepada kalian dan juga sebagai catatan belajar saya. Sebelumnya saya mohon maaf kalau akhir-akhir ini saya jarang melakukan update artikel di inponow dikarenakan terdapat kegiatan wajib yang perlu dilakukan.

Kemungkinan Ancaman Dan Serangan Terhadap Keamanan Jaringan

Kemungkinan ancaman dan serangan terhadap keamanan jaringan memiliki banyak jenis dalam metode malakukan ancaman dan serangan, untuk itu kita sebagai pengguna yang baik harus berhati-hati dalam menggunakan jaringan komunikasi dimanapun dan kapanpun. Dalam kasus ini terdapat dua macam serangan atau ancaman dalam komunikasi jaringan yaitu serangan fisik dan serangan logik.

Serangan fisik

Serangan fisik terhadap keamanan jaringan contohnya saat komputer atau perangkat komunikasi kita yang terhubung dengan internet tiba-tiba terkena hacking oleh orang yang tidak dikenal kemudian akibat dari hacking tersebut seluruh software system mengalami error yang dapat mengakibatkan peforma komputer menjadi tidak terkendali dengan baik sehingga menjadikan komponen penyusun hardware menjadi rusak karena tidak bekerja secara normal.


Contoh lainnya yaitu salah satu hardware komputer kita mengalami kerusakan, terdapat pencurian komponen hardware, penyadapan ( kondisi dimana terdapat pemantauan percakapan lewat pihak ketiga yang dilakukan secara rahasia ), dan terdapat kerusakan pada hardware komputer yang disebabkan oleh gangguan kabel atau koneksi, orang lain, hewan peliharaan, bencana alam.

Serangan logik

Serangan logik terhadap keamanan jaringan yaitu serangan yang ditujukan lebih ke software keamanan jaringan dan pada serangan kali ini dibutuhkan perhatian khusus untuk menangani serangan jenis ini. berikut merupakan beberapa jenis dari serangan logik.

SQL Injection adalah sebuah aksi hacking dengan teknik injeksi kode yang dilakukan pada sistem keamanan komputer seseorang yang dimana si penyerang dapat melakukan akses ke basis data dalam sistem, serangan ini mirip seperti serangan XXS.

Traffic Flooding adalah jenis serangan pada keamanan jaringan dengan cara Membanjiri lalu lintas jaringan dengan banyak data sehingga lalu lintas jaringan yang datang dari pengguna yang terdaftar menjadi tidak dapat masuk ke dalam sistem jaringan.

DoS (Denial of Service) adalah jenis serangan terhadap sebuah komputer atau server di dalam jaringan internet dengan cara menghabiskan sumber (resource) yang dimiliki oleh komputer tersebut sampai komputer tersebut tidak dapat menjalankan fungsinya dengan benar.

Request Flooding adalah jenis serangan pada keamanan jaringan dengan cara membanjiri network dengan melakukan banyak request terhadap sebuah layanan jaringan sehingga request yang datang dari pengguna terdaftar tidak dapat dilayani oleh layanan tersebut.

Deface adalah jenis serangan pada keamanan jaringan dengan cara menyisipkan file pada server yang kemudian digunakan untuk melakukan perubahan tampilan pada website korban dengan tampilan yang dimiliki oleh si defacer.

Kemungkinan Ancaman Dan Serangan Terhadap Keamanan Jaringan

Social Engineering adalah jenis serangan pada sisi sosial dengan cara manipulasi psikologis dari seseorang dalam melakukan aksi atau menguak suatu informasi rahasia. Hal ini seperti fake login hingga memanfaatkan kelemahan pengguna dalam socialmedia.

Malicious Code adalah sebuah serangan keamanan jaringan yang sering disebut dengan malware dimana mampu merusak atau menyusup pada sistem komputer tanpa ijin dari admin sistem dengan cara menyisipkan virus atau code berbahaya lainnya.

Packet Sniffer adalah jenis serangan pada keamanan jaringan dengan cara melakukan pencurian data, yang dilakukan dengan cara memonitoring atau melakukan analisis terhadap paket data yang ditransmisikan dari komputer client ke web server.

Spoofing adalah jenis serangan pada keamanan jaringan yang berupaya untuk memperoleh akses yang tidak sah ke suatu komputer yang dapat melakukan peniruan fungsi dari program yang asli dengan cara menimpa identitas atau alamat IP ( Internet Protocol Address ).

Remote Attack adalah jenis serangan jarak jauh pada keamanan jaringan dengan cara menemukan titik-titik rentan dalam perangkat lunak keamanan jaringan untuk bisa mengakses mesin atau sistem dan digunakan untuk mencuri data secara ilegal, menanam virus atau software berbahaya lainnya ke dalam jaringan komputer.


Phreaking adalah jenis serangan pada keamanan jaringan atau praktek hacking menggunkan telepon untuk bisa masuk ke sistem.

Itu merupakan beberapa jenis serangan logik, untuk melakukan pengaman dari ancaman dan serangan terhadap keamanan jaringan yaitu dengan mengatur akses, melakukan penutupan service, memasang proteksi, firewall, melakukan pemantauan adanya serangan, dan melakukan backup secara rutin.

Lihat Juga : Perbedaan IPv4 dan IPv6 Beserta Penjelasannya

Mungkin itu saja yang dapat saya samapaikan pada artikel Kemungkinan Ancaman Dan Serangan Terhadap Kaemanan Jaringan yang merupakan sumber pengalaman pembelajaran saya baik dari pendidikan formal ataupun internet. Kurang lebihnya saya mohon maaf dan semoga dapat bermanfaat.

Comments

Baca juga artikel menarik lainnya