Konfigurasi Multimedia Streaming Server Debian Tutorial Lengkap

Instalasi dan Konfigurasi Multimedia Streaming Server Debian – Selamat pagi pelajar, Saya akan berbagi informasi mengenai cara konfigurasi multimedia streaming server. Pada tutorial konfigurasi kali ini saya menggunakan aplikasi yang bernama Plex. Menggunakan aplikasi ini karena kemudahannya dalam melakukan konfigurasi.

Pengertian Multimedia Streaming Server

Sebelum ke topik utama, agar lebih paham saya akan jelaskan sedikit mengenai pengertian multimedia streaming server. Multimedia Streaming Server adalah web server yang di install di sistem operasi komputer server berisi beberapa file vidio maupun audio yang telah diupload kemudian dapat diakses / diputar di komputer client secara langsung / streaming dalam sebuah jaringan local.

Konfigurasi Multimedia Streaming Server Debian

Multimedia streaming server merupakan situs web multimedia yang digunakan untuk menjalankan file vidio atau audio, melakukan download vidio / audio, dan dapat melakukan upload vidio / audio. Itu semua dapat dijalankan secara jaringan public atau dalam jaringan local. Contoh yang paling menonjolnya adalah situs website multimedia terkenal dan fenomenal kita yaitu Youtube.

Protokol Yang Digunakan Pada Teknologi Streaming

Lanjut lagi saya akan membahas mengenai protokol yang digunakan oleh teknologi streaming server. Saya kutipkan dari franzeast yang dimana membahas mengenai protokol teknologi streaming. Jadi begini, secara garis besar Dua protokol yang mendukung berjalannya video streaming yaitu transport protokol dan session control protokol.

Transport protokol terbagi menjadi protokol UDP (User Datagram Protocol) dan TCP (Transmission Control Protocol). Sedangkan Session Control Protokol terbagi menjadi Real-Time Protocol (RTP), Real- Time Streaming Protocol (RTSP), dan Real-Time Control Protocol (RTCP). Selain itu terdapat protokol tambahan yang dapat digunakan yaitu MMS (Microsoft Media Server) dan HTTP (Hyper Text Transfer Protocol).

Cara/Langkah Kerja Multimedia Streaming Server

Pertama client mengirimkan permintaan straming vidio/audio ke web server. Kedua, web server akan meneruskan permintaan client tadi kepada streaming server. Ketiga, Streaming server (dalam kasus kali ini Plex) segera memproses permintaan dari client. Keempat, plex akan mentransmisikan file yang berupa vidio/audio yang telah diminta kepada client secara langsung. Kelima, client dapat menjalankan vidio/audio yang diminta.

Itulah sedikit saya jelaskan mengenai pengertian, kegunaan, protokol Streaming Server, dan cara/langkah kerja Multimedia Streaming Server. Dengan saya jelaskan terlebih dahulu saya harapkan anda dapat paham tentang apa yang sedang anda lakukan hehe. Jadi jangan asal konfigurasi tanpa harus tahu dulu kegunaan dari konfigurasi yang kita lakukan.

Konfigurasi Multimedia Streaming Server

Kali ini kita akan buat web multimedia streaming server dalam jaringan local dengan memanfaatkan aplikasi plex. Oleh karena itu, anda harus memiliki aplikasinya terlebih dahulu. Saya telah mempersiapkan file aplikasi plex untuk anda, cukup klik link dibawah dan tunggu proses download hingga selesai. Hey ingat, sesuaikan dengan tipe prosessor yang komputer kamu gunakan ya.


Sebelum memulai mengkonfigurasi kita harus mengatur jaringan yang digunakan ( karena saya menggunakan virtual mesin ) pada adaptor1 atau eth0 dengan settingan sebagai adapter host-only. Simpan dengan klik ok, setelah itu jalankan debian kemudian masukan perintah “ nano /etc/network/interfaces ”.

auto eth0
iface eth0 inet static
address 192.168.2.1
netmask 255.255.255.0

*konfigurasi pada /etc/network/interfaces

Setting pada adaptor 1 atau eth0 dengan static. lalu jika sudah, restart konfigurasi tadi dengan perintah “ service networking restart ”. karena menggunakan ip secara static jangan lupa memberikan ip ke komputer client dengan alamat ip network yang sama contoh : 192.168.2.2 jika punya saya.

Pertama jika aplikasi telah siap, kita membutuhkan perantara untuk mengirimkan file plex tersebut ke debian server kita. Saya akan menggunakan aplikasi winscp (dengan ftp) untuk untuk mengirimkan file plex tersebut. Konfigurasi ftp debian anda untuk menjalankan aplikasi winscp.

Kedua setelah winscp siap, buat directori plex dengan mengetikan perintah pada linux debian “ mkdir plex ”. Lalu letakkan file plex dan beberapa vidio yang akan anda upload di directory tersebut.

Ketiga, install file tersebut dengan memasukan perintah “ dpkg -i plexmediaserver_1.8.4.4249-3497d6779_i386.deb ”. Sesuaikan dengan nama file yang telah kalian download karena saya menggunakan prosesor intel jadi saya menggunakan versi plex i386.

Keempat, Untuk memastikan aplikasi plex telah terinstall dengan baik, kita dapat mengeceknya dengan perintah “ systemctl status plexmediaserver ” pada linux debian server. Kelima, cek dan pastikan Plex berjalan lancar dengan mengetikan “ http://192.168.2.1:32400/web/index.html ”pada web browser.

Ip pada contoh diatas dapat menyesuaikan dengan ip debian anda. Keenam, akan muncul halaman login plex, anda dapat isikan username dan password dengan akun debian anda atau dapat daftar terlebih dahulu di dengan menggunakan email anda, lalu klik sign in. Ikuti langkah sesuai petunjuk yang diberikan plex.

Lihat Juga : Cara Konfigurasi samba server di debian

Ketujuh, akan tampil halaman “ how plex work ” klik tombol GOT IT! Untuk melanjutkan. Pada Server Setup beri nama server anda sesuai dengan nama anda atau yang lain. Lalu klik next.

Kedelapan, pilih Add Library, untuk menambahkan file vidio/audio yang ingin ditampilkan atau diupload. Lalu pilih tipe file yang akan di upload apakah movies, music, photo, atau vidio lainnya dan klik NEXT. Kesembilan, pada bagian pojok kiri atas pilih tab Add Folders. Cari direktori file yang akan diupload dan klik ADD dan akhiri dengan klik ADD LIBRARY.
Kesepuluh, jika memang file tersebut berhasil du-upload maka file tersebut akan tampil seperti gambar dibawah. Lalu coba play / buka file tersebut untuk menguji apakah konfigurasi kita berhasil. Setelah berhasil melakukan pengujian terhadap konfigurasi.

Kesimpulan Konfigurasi Multimedia Streaming Server

Diperlukan konfigurasi pada paket bind9 di debian jika anda ingin mengganti alamat ip menjadi nama dns ( contoh : dari 192.168.2.1 menjadi aldipradana.com ). File yang perlu dikonfigurasi yaitu pada file db.dns, db.ip, named.conf.default.zones untuk dapat melakukan filterisasi dari alamat ip mendajadi domain name server. Konfigurasi Multimedia Streaming selesai dilakukan.

Konfigurasi Multimedia Streaming Server Debian

Dengan menggunakan Plex Multimedia Streaming Server kita dapat mengakses file-file media seperti music, video, dan foto dari satu perangkat ke perangkat lainnya tanpa harus melalui proses instalasi dan konfigurasi yang rumit.

Lebih jelasnya anda dapat download laporan lengkap Konfigurasi Multimedia Streaming Debian saya yang dapat kalian unduh di sini. Ok sekian dari saya, terima kasih telah membaca secara tuntas pada artikel Konfigurasi Multimedia Streaming Server Debian. Kurang lebihnya saya mohon maaf dan semoga bermanfaat.

Comments

Baca juga artikel menarik lainnya