Cara Blokir Situs Di Google Chrome Android dan Windows

Cara Blokir Situs Di Google Chrome Android dengan Mudah - Pembahasan pada topik kali ini seputar internet tips. Kali ini saya akan berbagi tips atau cara mudah melakukan pemblokiran website pada browser google chrome. Sebelum kita melakukan pemblokiran website di browser saya akan sedikit menenarangkan pengertian dari web browser itu sendiri agar lebih paham.

Jadi begini web browser adalah suatu program aplikasi atau software yang dapat digunakan untuk menampilkan halaman-halaman website yang ada di jaringan internet, pada browser kita dapat mencari barbagai informasi dari internet. Seiring berjalannya waktu, banyak situs yang mulanya hanya sebuah situs web berubah menjadi aplikasi android.

Cara Blokir Situs Di Google Chrome Android dan Windows

Contoh website yang berintergrasi menjadi aplikasi android yaitu, lazada, jalan tikus, situs berita nasional, dll. Ketika seseorang membuka browser apa yang dilakukan selanjutnya? Ya pasti menjadi informasi, download vidio, download musik, belajar, atau melakukan kegiatan lainnya. Tentu setiap orang memiliki tujuan yang berbeda beda dalam penggunaan internet.

Saya kutip dari detik jumlah pengguna internet sudah mencapai 2,4 miliar dan untuk jumlah situs internet mencapai 330,7 juta. Banyak sekali bukan? Yang menjadi permasalah kali ini adalah masih banyaknya penguna internet yang menggunakan internet untuk hal-hal yang negatif.


Oleh karena itu kita dapat meminimalisir kesalahan dalam penggunan internet dengan melakukan block situs yang dirasa berbahaya atau tidak pantas untuk di lihat. Block situs dapat dilakukan dengan software tambahan dan ekstensi tambahan pada browser google chrome.

Block Situs pada Android Smartphone

Pertama, saya akan bahas bagaimana cara untuk melakukan blocking situs pada ponsel android anda. Bukan hanya memblokir situs pada google chrome anda akan tetapi pada browser lainya juga bisa. Software yang bermanfaat kali ini bernama “ FocusMe ”.

Anda dapat download aplikasi tersebut secara gratis di google play store. Anda tinggal ketikan “ FocusMe ” pada kolom pencarian google play store lalu install. Setelah selesai buka aplikasi tersebut.

Pada halaman pertama sentuh tombol “ + ” di pojok kanan bawah dan anda akan diminta untuk mengizinkan atau mengaktifkan FocusMe dalam mengelola aksesbilitas dengan cara sentuh tombol “ show me ” lalu aktifkan.

Kemudian akan diminta lagi untuk mengizinkan atau mengaktifkan FocusMe dalam settingan akses penggunaan aplikasi, sentuh tombol “ Continue ” lalu aktifkan. Lanjut lagi, pada pengaturan “ Choose Applications ” anda akan diminta untuk memilih aplikasi yang ingin anda block/tidak bisa di akses (kosongi jika tidak ada).

Berikutnya di pengaturan “ Enter Website ” masukan alamat situs yang ingin anda block (contoh : https://m.facebook.com) disini anda dapat menambahkan situs yang akan sebanyak mungkin lalu sentuh Next.

Langkah selanjutnya pilih “ Quick Focus ” untuk menentukan berapa lama pengaturan ini diterapkan lalu sentuh Next. Tentukan lama waktu pemblokiran situs, anda bebas menentukan. Kemudian pilih “ Just Block ”.

Pada “ Settings ” untuk form “ Plan Name ” bisa anda isikan blokir site. Pada menu “ Active Stop Protection ” pilihlah “ Costom Password ” lalu tentukan password anda (hanya yang tau password ini yang bisa menghentikan settingan block site). Langkah terakhir pilih save, tanda hijau berarti konfigurasi telah berjalan.

Uji coba pada pada browser chrome atau browser lainya yang ada di smartphone anda. Ketikan alamat situs yang anda block, dan kemudian akan muncul notifikasi “ FocusMe : website facebook.com is not allowed ”.

Block Situs pada Windows PC

Kedua, untuk kasus blocking pada browser google chrome pada pc. Dalam mengatasi cara pemblokiran pada browser google chrome komputer anda terdapat 2 cara. Pertama dengan langsung menggunakan file hosts pada system32 di windows kalian masing-masing ( kalian tinggal menuju ke file buka Notepad dengan Run as Administrator, lalu File > Open > dan browse ke C:\Windows\System32\drivers\etc lalu pilih file hosts ).

Lihat juga : Cara Mengamankan Akun Gmail Terbukti Ampuh

Cara kedua dengan melakukan pemblokiran langsung di browser chrome kalian masing-masing, yaitu dengan menggunakan extensions. Pada kasus kali ini saya akan mempraktekkan pada browser chrome yang sering di pakai dan cara melakukan pengaturannya juga tidak jauh berbeda dengan browser lain.

Saya akan memberikan tips dalam melakukan pemblokiran website dengan cara menambahkan extension ;

Pergi ke browser chrome kemudian pergi ke chrome web store, berikut merupakan link menuju web store : “ chrome.google.com/webstore ”. Kemudian ketikan “ block site ” pada kolom pencarian yang ada di pojok kanan atas. Klik “ Tambahkan ke Chrome ” pada extention yang bernama “ Block Site – Website Blocker For Chrome ” lalu install.

Setelah instalasi selesai kemudian kita akan mulai melakukan pengaturan pada block site, yaitu anda cukup menambahkan alamat website yang ingin anda blokir pada form Block Site kemudian anda cukup klik simbol “ + ” hijau, seperti contoh gambar dibawah. Pada contoh dibawah saya mencoba untuk memblokir lazada dan instagram.
Anda juga dapat mengalihkan alamat yang anda blokir dengan alamat website lain. Tool ini berada di pojok kanan atas yang bernama “ redirect ”, anda dapat isikan alamat website ( bebas ) untuk melakukan redirect.

Dengan menggunakan block site anda juga dapat membuat akun admin untuk mengatur pemblokiran, anda cukup klik menu “ Account Protection ”. Dengan kata lain dengan adanya akun admin ini hanya anda yang dapat mengubah pengaturan pada extention block site ini.

Contohnya orang lain tidak akan bisa mematikan ekstensi ini karena diperlukan password untuk mematikan ekstensi ini. Anda dapat mengaktifkannya lewat tool account protection, anda dapat menyesuaikannya disana.

Pada block site juga terdapat fitur “ adult control ” yang memungkinkan untuk melakukan pemblokiran secara otomatis pada website yang memiliki konten dewasa. Untuk mengaktifkan fitur ini anda cukup klik pada menu “ Block Adult Site ” jika tanda sudah hijau maka mode telah di aktifkan.


Langkah ini bertujuan agar generasi penerus bangsa dapat terhindar dari pengaruh negatif dari internet dan melindungi orang yang kita sayangi agar mendapat ilmu yang bermanfaat bukan ilmu yang sesat. Mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan dari aritikel Cara Mudah blokir Situs Di Google Chrome, kurang lebihnya saya mohon maaf dan semoga dapat bermanfaat.

Comments

Baca juga artikel menarik lainnya