Pengertian dan Cara Melakukan Site Survey


Teknik melakukan site survey - apakah itu site survey sebenarnya? Baiklah kalau begitu, kali saya akan berbegi mengenai teknik dalam melakukan Site Survey. Apakah anda pikir setelah melakukan konfigurasi pada access point atau membuat jaringan wireless (wifi) serta telah berhasil untuk menyalurkan internet sesuai bandwidth yang ditentukan, apakah pekerjaan anda telah selesai?

Hal yang perlu diperhatikan seletelah selesai melakukan konfigurasi access point yaitu tentang bagaimana cara supaya daerah atau ruangan yang kita beri access point dapat terjangkau semuanya tanpa ada gangguan interferensi atau bahasa yang lebih umumnya yaitu terhindar dari wifi lemot dan wifi sering putus-putus. Untuk itu kita perlu tahu bagaimana cara melakukan pemetaan peletakan access point ( site survey ) yang baik.


Pengertian dan Cara Melakukan Site Survey

Apa Itu Site Survey?

Site Survey adalah suatu metode untuk menentukan jumlah dan penempatan access point yang menyediakan jangkauan sinyal agar jaringan wireless dapat memadai atau tersalurkan pada seluruh lokasi atau ruangan serta untuk mengetahui cakupan radio frekuensi yang dibutuhkan. Site Survey jaringan nirkabel juga mendeteksi adanya interferensi RF yang berasal dari sumber lain yang dapat menurunkan kinerja LAN nirkabel.


Hal Yang Perlu Diperhatikan Saat Melakukan Site Survey

Dalam melakukan penentuan posisi terbaik untuk diletakkannya sebuah access point perlu memperhatikan kondisi dan keadaan sekitar, ketinggian lokasi dari permukaan tanah, jenis radio wireless, antena dan channel yang digunakan, pastikan untuk mengidentifikasi teknologi yang akan diterapkan oleh jaringan, seperti 802.11g atau 802.11n, dan lakukan survei dengan mempertimbangkan jika menggunakan teknologi yang digunakan. Dan berikut ini merupakan persyaratan minimal dalam melakukan site survey.

  • Memilih tempat yang jauh dari interferensi ( tidak berdekatan dengan AP lainnya. )
  • Mencakup di semua jangkauan dalam ruangan tersebut.
  • Aman dari lalu lintas atau jalan.

Langkah Pengujian Site Survey

Langkah pertama yaitu dengan  menentukan tempat untuk dilakukan sebuah kegiatan site survey, pada kasus kali ini saya akan mencoba pada ruangan guru saya. Langkah selanjutnya yaitu dengan  melakukan konfigurasi pada access point ( kali ini saya menggunakan access point TP Link ) yang akan digunakan, pasang perangkat (Kabel LAN dan TP Link) Kemudian nyalakan access point.

Kemudian setelah menyala Buka browser dan ketikkan IP address Access Point 192.168.0.254 ( ini merukan ip default yang di berikan TP Link ). Setelah itu akan muncul form sign in anda cukup masukan username = admin dan password = admin, lalu akan muncul halaman web admin TP Link yang dimana disana kita dapat melakukan konfigurasi access point dan kemudian ikuti langkah ini.



Klik masuk untuk konfigurasi selanjutnya.

Setelah itu ganti Negara menjadi Indonesia dan masukkan password SSID.

Centang enable pada DHCP jika anda ingin ip address dinamic yang akan diberikan kepada client dan masukkan IP address SSID.

Setelah sampai di step ini,cek kembali apakah konfigurasi sudah benar atau belum, kalau sudah klik reboot untuk menerapkan atau menjalankan konfigurasi yang telah kita buat sebelumya.


Lihat Juga : Panduan Lengkap Cara Menghitung Subnetting IP Address

Setelah selesai proses reboot ap, kemudian saya melakukan analisis terhadap AP lainnya yang terdeteksi di dekat ruang guru dengan menggunakan aplikasi inSSIDer Lite dimana aplikasi tersebut dapat memunculkan informasi yang cukup lengkap dalam melakukan identifikasi pada beberapa access point yang berada disekitar lokasi survey, dan tertanyata terdapat beberapa AP yang dekat dengan ruang guru.

Site Survey Inssider

Poin penting yang mesti kalian perhatikan lebih, jadi begini karena banyak access point yang berdekatan menggunakan channel yang sama yaitu diantaranya kebanyakan menggunakan channel 11 dan 1, maka pada access point yang saya buat untuk Ruang Guru ( kelompok 3).

Saya ubah settingannya menjadi channel 6 ( dengan menggunakan rumus +5 / -5 ) agar tidak terjadi interferensi atau gangguan. Gangguan interferensi seperti kecepatan transfer lemah, wireless sering terputus atau sering ganti-ganti dengan wireless lainnya. Settingannya seperti gambar dibawah ini untuk lebih jelasnya.

Site Survey Channel

Setelah dilakukan percobaan pada setiap bagian dari ruang guru hasilnya kita dapat melakukan akses ke Access Point kita ( kelompok 3 ) tanpa ada gangguan interferensi. Jadi kesimpulannya adalah Site Survey adalah pemetaan untuk keberhasilan pengimplementasian jaringan wireless, dalam menentukan penempatan Access Point perlu memperhatikan situasi dan kondisi lapangan sebelum melakukan pemasangan access point.


Penempatan access point yang benar yaitu dapat mencakup di semua jangkauan dalam ruangan tersebut tanpa ada ganguan interferensi antara AP satu dengan AP lainnya. .Ok itu saja yang dapat saya sampaikan pada artikel Teknik Melakukan Site Survey. Kurang lebihnya saya mohon maaf dan semoga dapat bermanfaat.

Comments

Baca juga artikel menarik lainnya