Cara Blokir Website Dengan Firewall Bawaan Windows

Blokir Website Dengan Firewall Bawaan Windows - Kali ini saya akan berbagi ilmu seputar konfigurasi jaringan, dan pada kesempatan yang baik saya akan melakukan Konfigurasi filtering untuk memblokir situs/alamat website tertentu di firewall bawaan windows. 

Langkah ini bertujuan agar komputer kita dapat melakukan pemblokiran pada situs/alamat website yang dirasa kurang baik untuk di kunjungi oleh kita sendiri atau bahkan untuk orang lain yang sedang menggunakan komputer/laptop kita serta untuk melakukan blokir akses internet pada aplikasi tertentu yang ada di komputer anda.

Apa Itu Firewall?

Sebelumnya anda harus tau dulu apakah firewall itu sendiri, ok kali ini saya jelaskan sedikit mengenai hal ini. firewall adalah sistem yang menyediakan keamanan jaringan dengan memfilter lalu lintas jaringan yang masuk dan keluar berdasarkan seperangkat aturan yang ditetapkan pengguna yang ada pada jaringan pribadi ( Privat Network ). 

Untuk lebih lengkapnya mengenai pengertian, tujuan, fungsi, dan manfaat firewall lihat artikel saya sebelumnya.


Baca juga : Pengertian, Tujuan, Fungsi, Dan Manfaat FIREWALL

Langsung saja kita mulai, langkah pertama pastikan windows firewall pada windows anda telah menyala, lalu ketikkan “Firewall” pada menu start lalu buka Programs Windows Firewall with Advanced Security untuk lebih jelasnya seperti gambar di bawah ini.


Langkah Konfigurasi Firewall

Masuk pada “Outbound Rules” pada bagian kiri tab. Apakah anda tahu apa itu outbond rules? jadi Outbound Rules adalah cara agar Anda dapat melakukan pengaturan beberapa program yang menggunakan Internet, dan Memblokir yang lain. 

Jika anda ingin membiarkan Browser Web Anda ( Internet Explorer, Firefox, Safari, Chrome, Opera, dll ) memiliki akses ke Internet, anda perlu memberi tahu (dapat mengatur) Windows Firewall bahwa itu diizinkan.

Ikutilah langkah ini dengan baik dan berurutan.
  • Klik kanan Outbone Rule lalu pilih “New Rule...” pada bagian kanan tab >
  • Pilih “Custom” lalu tekan Next > 
  • Pilih “All programs” lalu tekan next > 
  • Pilih “Any” pada Protocol Type lalu tekan Next. Pada bagian “Which remote IP addresses does this rule apply to ?” , pilih button add untuk menambahkan ip address website yang akan diblokir.
Cek IP Address Website yang ingin diblokir aksesnya menggunakan Command Prompt > lalu ketikan perintah “ nslookup alamatwebsite.com ” alamat domain tersebut boleh anda rubah sesuai kebutuhan anda.
Setelah mengetahui alamat ip address dari website kemudian tambahkan IP Address Website yang akan diblokir aksesnya, di gambar ada 2 yang 2a03... dan 157 isikan semua alamat tsb,lalu klik next

Setelah itu anda pilih block the connection lalu next, centang semua lalu next, yaitu pada domain, private, public, dan kemudian klik next.
Pada bagian terakhir anda akan diminta untuk memberikan nama atas konfigurasi tadi, anda cukup isikan saja pada form nama dan deskription sesuai dengan keinginan anda. 

Dan ini merupakan langkah terakhir dalam melakukan konfigurasi kali ini. Dan gambar di bawah ini merupakan contoh sebelum dan sesudah melakukan konfigurasi firewall.

Langkah Mudah Blokir Akses Internet Software

Untuk melakukan pemblokiran terhadap akses internet pada aplikasi, anda dapat memilih program pada jendela " Rule Type ", lalu pada bagian jendela " Program " > This program part > pilih program yang ingin anda blokir akses internetnya.


Sebenarnya bukan hanya dapat melakukan pemblokiran pada website dan akses internet di software tertentu, firewall windows dapat melakukan pemblokiran port contohnya seperti port 80 dan 443. Ok mungkin itu saja yang dapat saya sampaikan dari artikel Cara Blokir Website Dengan Firewall Bawaan Windows , kurang lebihnya saya mohon maaf dan semoga dapat bermanfaat.

1 comment

  1. untuk membuka blokirnya menggunakan firewall bawaan windows bagaimana ya min

Baca juga artikel menarik lainnya